Memahami Pengertian Marketing

Memahami Pengertian Marketing


Jika kita memperbincangkan persoalan marketing, bagi kita yang bergelut dalam dunia bisnis hal itu pastinya sangat tidak asing bagi kita. Akan tetapi bagi para pebisnis pemula tentunya belum tahu betul apa itu marketing. Nah, untuk itu pada artikel ini saya akan membahas apa itu marketing. Tentunya ini akan bermanfaat, baik bagi kalangan pebisnis pemula maupun kalangan pelajar atau mahasiswa yang mempelajari mata kuliah bisnis atau wirausaha.

Marketing sebenarnya berasal dari istilah bahasa inggris yaitu market (pasar). Nah, marketing berarti adalah pemasaran. Pemasaran merupakan ujung tombak dari setiap bisnis, terlepas dari bisnis apapun yang dijalani. Mengapa demikian? Karena jika kita memiliki bisnis yang besar atau sehebat apapun bisnis itu, tanpa adanya sebuah marketing bisnis tersebut tidak ada artinya, dan akan kalah saing dengan bisnis yang dikembangkan oleh orang lain yang mempunyai marketing atau pemasaran yang mantap.

Pengertian marketing juga adalah setiap proses atau usaha yang dilakukan dalam mempromosikan produk atau memberitahu orang lain akan sebuah produk atau  jasa yang akan kita jual agar konsumen tertarik dan mau membeli produk atau jasa yang kita sediakan. Atau dalam istilah lainnya, produk kita tersebut akan laku di pasar.

Tujuan dari setiap marketing atau pemasaran adalah untuk mendapat pembeli agar produk atau jasa secara memadai atau mencukupi sesuai yang diharapkan., sehingga mendapat keuntungan yang layak serta menimbulkan kepuasan juga bagi konsumen. Jika konsumen puas tentu saja mereka akan kembali lagi membeli produk atau jasa yang kita sediakan, dan begitu pula sebaliknya. So, oleh karena itu pemahaman terhadap marketing sangatlah penting.

Dalam hal ini, ada beberapa konsep yang dikenal dalam metode marketing. Atau bisa disingkat dengan AIDAS. Yang mana A = Attention, I = Interest, D = Desire, A = Act, dan S = Satisfaction.

Masing-masing kata tersebut memiliki arti tersendiri.

Attantion, adalah perhatian dari konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang mungkin diperoleh dari sebuah promosi atau informasi lainnya terhadap suatu produk atau jasa.

Interest, setelah adanya perhatian atau informasi yang didapat oleh konsumen tentunya akan muncul minat atau ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut terhadap suatu produk atau jasa tersebut secara rinci.

Desire, setelah adanya minat untuk mengetahui lebih rinci terhadap suatu produk atau jasa tentunya akan menjadi sebuah keinginan pula bagi para konsumen setelah adanya keyakinan dalam diri konsumen untuk membeli atau mendapatkannya.

Act, setelah adanya keyakinan tadi, maka terjadilah keputusan untuk melakukan sebuah tindakan yaitu transaksi.

Satisfaction, setelah transaksi dilakukan maka barang akan dimiliki oleh konsumen, nah disitulah munculnya kepuasan dalam diri konsumen jika produk tersebut memang benar bagus. Pun sebaliknya jika produk atau jasa itu tidak bagus, pastinya konsumen akan kecewa. Kalau sudah kecewa pasti konsumen tidak akan balik lagi. Seperti kata orang "kecewa lebih berat dari patah hati".

Jika sudah adanya kepuasan, berarti itu adalah awal dari kesuksesan sebuah marketing, karena konsumen akan kembali lagi untuk membeli dan akhirnya menjadi pelanggan setia. Kalu sudah setia pasti tidak akan berpindah ke lain hati, maksudnya ke produk yang lain.

Jadi, marketing sangatlah penting bagi sebuah bisnis. Marketing suatu produk haruslah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

0 Response to "Memahami Pengertian Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel