Memahami Perencanaan Dalam Marketing

Memahami Perencanaan Dalam Marketing


Perencanaan penjualan menentukan arah strategi pemasaran. Karena ketika menghasilkan sebuah barang atau jasa tentu kita akan merencanakan dengan sebaik mungkin agar produk atau jasa tersebut dapat diterima oleh sasaran konsumen. Dalam hal ini ada beberapa langkah dalam perencanaan pemasaran.

a. Menetapkan sasaran pemasaran, yang meliputi :

1. lokasi, yaitu lokasi yang tepat untuk produk yang kita hasilkan.
2. Jenis/type konsumen, yaitu jenis/type calon pembeli, misalnya berdasarkan umur, jenis kelamin, tingkat ekonomi dan sebagainya.
3. Sifat dan perilaku, yaitu sifat calon konsumen serta kebiasaan termasuk gaya hidup kesehariannya.

b. Menetapkan tanggal/bulan target untuk mencapai semua tujuan. Disini diperlukan adanya timen schedule (penjadwalan waktu) sesuai dengan target yang diinginkan demi efektifitasnya kerja yang dilakukan sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia.

c. Memberikan tanggung jawab hanya kepada satu orang. Ini untuk lebih memudahkan kontrol terhadap keluar masuknya produk melalui mekanisme yang ada. Untuk langkah awal kita sendirilah yang melaksanakan tugas ini, seiring dengan kemajuan usaha kita baru nanti merekrut orang yang amanah dan memang mampu dalam menanganinya.

d. Menentukan langkah-langkah pelaksanaan. Penentuan langkah-langkah ini berdasarakan skala prioritas agar tujuan pemasaran dapat tercapai. Mulai dari ketika suatu produk dihasilkan dan bagaimana supaya bisa sampai ke tangan konsumen.

e. Pengecekan terhadap hasil. Merupakan rangkaian terakhir dari rencana pemasaran yang hasilnya akan dijadikan untuk bahan evaluasi dengan tujuan meningkatkan kemajuan dan penggunaannya di masa yang akan datang.

Dengan adanya perencaan marketing yang baik dan benar terhadap usaha atau bisnis yang kita miliki, maka kita akan dapat menemukan lokasi jualan yang tepat, melakukan promosi dengan cara yang tepat, menemukan cara berjualan yang tepat pada saat yang tepat dan menemukan calon pembeli yang tepat pula. Sehingga dengan demikian pembeli yakin bahwa produk kita lebih menguntungkan dibanding pada produk lain atau pesaing kita.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa kepuasan konsumen berdampak pada meningkatnya daya beli dan itu adalah tujuan pemasaran.

0 Response to "Memahami Perencanaan Dalam Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel