Memahami Strategi dan Taktik Dalam Marketing
Strategi Marketing
Strategi dalam sebuah marketing usaha bertujuan untuk mencari atau menciptakan kondisi paling menguntungkan untuk menjual produk atau penawaran jasa. Komponen dalam strategi marketing yang akan dibahas disini yanitu ada tiga :
1. Menentukan segmen pasar
Kita haruslah mentukan siapa yang paling mungkin dan memastikan menjadi pangsa pasar dari produk yang kita jual.
2. Menetapkan target penjualan, yaitu merencanakan beberapa jumlah produk yang paling optimal masuk ke segmen pasar. Misalnya produk kita adalah souvenir pernikahan, segmen pasarnya adalah orang yang punya hajat pernikahan, maka kita harus mentarget jumlah-jumlah maksimal pada bulan-bulan tertentu dimana orang melakukan pernikahan.
3. Memberi pemahaman pasar terhadap produk atau jasa yang kita sediakan, yaitu upaya kita agar sedapat mungkin keunggulan dari produk atau jasa yang kita sediakan mampu membentuk nilai pandang baik di masyarakat atau konsumen, sehingga produk kita mudah dikenal dan dikenang.
Nah, dari ketiga komponen tersebut dapat kita aplikasikan menjadi strategi yang kita susun sehingga siap bersaing di pasar dengan kompetitor lain. Jadikanlah pasar sebagai obyek penentu agar mereka membeli, membeli, dan membeli lagi produk yang kita hasilkan, sehingga produk tersebut akan semakin dikenal di pasaran.
Taktik Marketing
Jika tadi kita telah memahami strategi dalam marketing, untuk menjalankannya tidak cukup sampai disitu saja. Agar kiranya srtategi tersebut dapat terlaksana dengan baik dan berhasil maka diperlukanlah taktik. Dengan adanya taktik marketing yang jitu kita akan dapat menguasai pasar. Ada beberapa taktik yang dapat kita jadikan pedoman dalam memuluskan strategi marketing terhadap usaha yang kita miliki.
1. Berani tampil beda terhadap pesaing, membuat konsumen memilih produk kita. Karena “berbeda” akan membuat produk kita mudah diingat.
2. Menghasilkan mutu yang terbaik, artinya produk usaha yang kita hasilkan benar-benar memenuhi standar atau sesuai dengan selera pasar. Produk yang bermutu rendah tentunya hanya akan bertahan sementara dan menghasilkan keuntungan jangka pendek. Produk itu sudah pasti tidak akan mampu bersaing di pasaran.
2. Melakukan promosi, yaitu upaya kita dalam menyebarkan informasi, agar produk kita dikenal lebih luas. Penjualan tanpa promosi hasilnya tidak akan optimal. Banyak produk yang laku keras karena gencarnya promosi, misalnya : dengan memasang iklan di koran, memasang baliho di tepi jalan dan sebagainya.
Keempat taktik diatas sangat mendukung kesuksesan penjualan dan memudahkan produk diterima oleh pasar. Selamat mencoba.
Baca juga: 5 Kiat Agar Produk Mudah Diterima
Baca juga: 5 Kiat Agar Produk Mudah Diterima
0 Response to "Memahami Strategi dan Taktik Dalam Marketing"
Post a Comment