Memahami Aplikasi Marketing

Memahami Aplikasi Marketing


Aplikasi marketing merupakan upaya yang dilakukan untuk menerapkan teori dari perencanaan marketing yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

1. Menilai Peluang Pasar
Dalam upaya memperoleh peluang pasar, kita membutuhkan banyak informasi dan pengetahuan tentang pasar. Informasi dan pengetahuan tersebut dapat kita peroleh melalui penelitian atau riset pasar.


Riset pasar adalah kegiatan pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematik atas informasi yang berkaitan dengan produk.

Tujuan dari riset sendiri untuk :
- Menemukan pasar yang menguntungkan
- Memilih produk yang dapat dijual
- Meningkatkan teknik-teknik pemasaran
- Menciptakan sasaran yang realistik
- Meminimalisir resiko bisnis
- Memperoleh pengetahuan tentang persoalan yang ada pada pasar yang potensial
- Memperoleh peluang pasar yang baru
Berbagai informasi pasar tersebut penting, dan akan membantu kita untuk membuat suatu keputusan bisnis.


2. Memperluas Penjualan
Setelah melihat peluang pasar yang ternyata masih mampu kita berdayakan berdasarkan hasil riset, saatnya sekarang melakukan tindakan penjualan. Penjualan  merupakan rangkaian terakhir dari proses pemasaran. Obyek dari penjualan adalah konsumen, dan konsumen yang kontinyu melakukan transaksi disebut pelanggan. Tindakan awal adalah kita harus mengenal kebutuhan pelanggan dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Upaya selanjutnya adalah mengenalkan produk, mempromosikan dan memperluas sasaran dan lokasi penjualan. Jika produk telah dikenal di pasar, kita terus berupaya menemukan pasar baru dan membujuk agar konsumen membeli produk kita bukan pada pesaing kita.

3. Marketing Yang Berhasil
Dengan adanya perencanaan dan pelaksanaan marketing yang baik dan benar, maka kita dapat :
- Menemukan sasaran/calon pembeli yang tepat
- Menemukan lokasi dan waktu jualan yang terbaik
- Melakukan promosi dengan cara yang tepat
- Menemukan cara berjualan yang tepat dan saat yang tepat
- Meyakinkan calon pembeli bahwa membeli barang kita akan lebih menguntungkan dibanding membeli dari yang lain.

Jadi inti marketing yang berhasil adalah kita dapat memberikan alasan yang kuat di hati dan pikiran pembeli tentang mengapa mereka harus membeli produk yang kita jual.

Bayangkan, betapa mudahnya kita berjualan, apabila kita dapat :
- Berjualan pada lokasi yang sangat strategis
- Berjualan pada tempay yang disana banyak orang yang sehari-hari membutuhkan produk kita
- Berjualan dengan harga yang pas, sehingga konsumen tidak merasa kemahalan
- Berjualan barang yang kualitasnya lebih unggul disbanding yang lain
- Memberikan pelayanan terbaik, sehingga para pelanggan selalu merasa puas.

0 Response to "Memahami Aplikasi Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel