Cara Buat Blog dengan Mudah

Cara Buat Blog dengan Mudah

Bagiaman sih cara membuat blog?

Pertanyaan itu memang dimiliki oleh siapa saja yang ingin terjun ke dunia blogging. Termasuk saya tentunya, ketika belum mengenal blog sama sekali.

Dulu, saat pertama kali saya mendengar dan mengenal blog adalah ketika guru TIK saya memaparkan di depan kelas. Saat itu kalau tidak salah saya  kelas 1 SMA. Guru saya mengatakan bahwa menjadi blogger akan menghasilkan banyak uang. Namun, saat itu tidak ada satupun di antara saya atau teman-teman yang tertarik dengan hal tersebut. Selain itu, guru kami pun hanya menjelaskan sekilas.

Namun, seiring berjalannya waktu. Kebetulan saya sangat hoby dengan internet dan berambisi menghasilkan uang dari internet, saya pun mencari tahu lebih lanjut tentang dunia blogging. Saya membaca begitu banyak artikel yang membahas tentang blogging, mereka menjelaskan bahwa ngeblog memang benar-benar menguntungkan.

Nah saat itulah saya mulai belajar membuat blog.
"Pertama kali saya membuat blog adalah saat semester 2 kelas 2 SMA."

Sebelumnya, memang begitu banyak pertanyaan yang muncul di kepala saya. Tentang bagaimana membuat blog, berapa blog yang boleh dimiliki oleh satu orang, berapakah penghasilan yang akan saya dapat nantinya dan pertanyaan lain yang berputar-putar di kepala saya mengenai blog.

Ternyata, semua butuh proses yang tak mudah seperti membalik telapak tangan.

Banyak ketentuan yang harus kita ketahui lebih dulu sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging.

Nah, pada pembahasan kali ini, sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog,  saya akan mengulas beberapa ketentuan yang wajib kita ketahui jika ingin berenang di dunia blogging dan layak dipanggil blogger.

1. Jumlah blog dalam satu akun yang kita miliki tidaklah dibatasi, kita bisa membuat blog sebanyak yang kita mampu. Namun, selaku pemula alangkah baiknya membuat satu blog saja terlebih dahulu.

2. Jumlah Konten atau postingan yang ada di dalam blog tidaklah dibatasi. Dulu saya sempat bertanya berapakah jumlah maksimal konten yang bisa ditampung oleh blog? Ternyata sama sekali tidak ada batasan selagi kita mampu menulis hal-hal yang bermanfaat dan tidak melanggar hukum. Dalam hal ini juga tidak dibatasi panjang pendek sebuah konten. Tetapi, ketika masuk tahap pengajuan adsense, kebanyakan blogger sepakat bahwa panjang minimal artikel agar layak di terima adsense adalah 600 kata.

3. Halaman TOS (Term of Service) tidak boleh dianggap spele sehingga tidak dicantumkan di dalam blog. Halaman TOS bertujuan untuk memudahkan para pengunjung tahu lebih dalam tentang blog yang kita miliki, hal ini juga memungkinkan mereka jika ingin menghubungi kita.

Itu adalah hal atau ketentuan dasar yang perlu untuk diketahui sebelum membuat blog.

Cara membuat blog sendiri sangatlah mudah, namun sebelumnya Anda harus sudah memiliki gmail. Jika tidak paham cara membuat gmail atau akun google silahkan baca di sini (Cara buat akun gmail).

Jika sudah memiliki gmail silahkan ketik di mesin pencari “Google”.
Ketikkan "masuk blogger", seperti gambar di bawah ini. kemudian pilih yang ditunjuk oleh tanda panah.


Anda akan diarahkan ke tombol “Buat Blog” seperti gambar di bawah ini.


Silahkan klik tombol tersebut. Lalu pilih/masuk menggunakan gmail yang sudah Anda miliki.
Maka Anda akan berada di halaman utama untuk membuat blog. Seperti gambar di bawah ini.


Silahkan tentukan nama blog yang sesuai dengan keinginan Anda. Tentukan juga alamat blog, sampai menujukkan tanda ceklis.kemudian klik tombol buat blog yang ada di kanan bawah.

Maka tampilannya akan seperti di bawah ini. Dan itu artinya Anda telah berhasil membuat blog. Selamat! Silahkan memulai untuk menulis artikel dengan mengklik “Entri Baru”.



Nah, itulah cara buat blog dengan mudah. selamat mencoba!

0 Response to "Cara Buat Blog dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel