Ada Makna Yang Menjadi Misteri Dibalik Nama

Ada Makna Yang Menjadi Misteri Dibalik Nama

Anda tahu gelas, piring, sendok dan lain sebagainya? jawabannya sudah pasti tahu. Karena masing-masing benda tersebut telah diberi nama. Jika ingin minum maka yang terbayang adalah gelas atau benda yang serupa. Nah coba jika seandaiya benda-benda tersebut tidak memiliki nama, pasti semua tidak akan mudah. Tak perlulah saya jelaskan. Pun demikian dengan nama yang ada pada kita selaku manusia. Supaya saling mengenal. Tetapi nama yang ada pada kita tentunya sangat jauh berbeda dengan nama pada benda-benda seperti yang saya sebutkan tadi.

Nama yang kita miliki itu bukan sekedar nama, ia memiliki arti atau tujuan tertentu dengan makna masing-masing pemilik nama. Banyak hal-hal unik yang kadang jadi misteri dibalik sebuah nama yang tak banyak orang mengetahui hal itu. Memang terlihat sepele seperti sebuah ungkapan “apalah arti sebuah nama”. Karena nama itulah kita berarti.

Karena itu pada artikel ini saya akan berbagi sedikit. Tidak terlalu sedikit sih, tapi ada beberapa point saja tentang fakta sebuah nama yang mesti sahabat Wahana ketahui, nama itu punya makna. Tentunya tidak lupa ucapan terima kasih kepada sahabat Wahana yang selalu setia berkunjung.

1. Nama Sebagai Identitas
Ini sudah hal yang pasti, nama memang digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal masing-masing individu, jika tidak punya nama pasti orang akan kesulitan dalam memanggil sesamanya. Itulah mengapa disetiap perkenalan pertama itu yang ditanyakan adalah nama. Bahkan setiap Negara telah mendata nama-nama penduduknya. Di Indonesia biasa kita kenal dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk), di KTP tersebut lengkap dengan nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, hingga status.

2. Nama adalah Expresi dari Orang Tua
Sangat banyak nama yang ada pada diri seseorang yang diberikan oleh orang tuanya adalah diambil dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan mereka sebagaii bentuk rasa syukur dan bahagia. Sehingga curahan rasa syukur tersebut dituangkan saat mereka member nama pada anaknya dengan harapan kebahagian tersebut akan abadi sampai ajal memisahkan. Seperti nama seorang anak misalnya Rahman bisa jadi ia dilahirkan dengan penuh kasih oleh orang tuanya atau berharap agar kelak anak tersebut mengasihi orang tuanya seperti orang tuanya mengasihinya.

 Dengan demikian, hal ini menjadi inspirasi bagi anak saat mengetahu makna apa yang terkandung dalam namanya. Meskipun saya tidak tahu arti nama saya (Rivan Dewana), tapi hidup saya juga penuh inspiras, hehe… curhat dikit. Jadi jangan pernah malu dengan nama yang anda miliki, karena pasti ada harapan besar yang memiliki makna besar juga.

3. Nama Menentukan Karakter
Ternyata nama juga menentukan karakter seseorang. Dan ternyata ini juga yang menjadikan di Indonesia itu penamaan terhadap anak tidak bisa dilakukan sembarangan saja. Karena hal tersebut terkait dengan masalah rejeki, jodoh, kesehatan dan aspek-aspek lainnya dalam kehidupan. Bahkan banyak yang meramal-ramal soal nama. Banyak orang yang ketika sudah dewasa mengganti namanya dengan alas an nama yang ia miliki sebelumnya tidak sesuai dengan karakter yang diinginkan.

4. Nama Bisa Menjadi Jati Diri
Bagi mereka yang berpikir kritis, bahkan ia bisa menemukan jadi diri sesungguhnya dari nama yang ia miliki. Namun memang bisa dikatakan sedikit orang yang seperti ini, dan tentunya sangat langka. Jadi, jangan sekali-sekali menganggap remeh nama orang lain atau bahkan nama anda sendiri, karena terdapat banyak misteri yang tidak semua orang ketahui tentang nama tersebut.

5. Nama Juga Bisa Menunjukan Kapan dan Dimana Anda Lahir
Mungkin anda sering mendengar nama-nama yang tidak asing dan juga sangat mirip dengan nama-nama waktu atau tempat, tentu saja nama-nama tersebut memang di ambil berdasarkan waktu dan tempat. Jika pun ada yang bukan itu pun hanya segelintir. Misalkan nama Septiani diambil dari bulan kelahiran yaitu September, atau nama Fuji diambil dari nama gunung Fujiama yang bisa jadi ia lahir ketika orang tuanya baru pulang dari Jepang. Dan banyak lagi yang tak mungkin saya tulis disini.

0 Response to "Ada Makna Yang Menjadi Misteri Dibalik Nama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel