Ingin Menjadi Guru Yang Disukai Siswa? Lakukan 5 Hal ini!

Ingin Menjadi Guru Yang Disukai Siswa? Lakukan 5 Hal ini!

Jadi seorang guru itu memang tidak mudah, apa lagi jika ingin kehadiran kita selaku guru di hadapan siswa menyenangkan, inspiratif. romantis, serta bisa untuk menjadi teladan bagi siswa. Dipandang secara administratif, untuk menjadi guru anda harus melalu proses serta memenuhi banyak persyaratan yang memang diperlukan bagi seorang guru. Misalnya kualifikasi pendidikan yang dimiliki seorang guru harus jenis pendidikan “ilmu keguruan”. Akan tetapi secara fakta yang sering sekali kita lihat di lapangan adalah siapa saja bisa menjadi guru.

Bisa kita katakana jarang sekali atau bisa jadi memang belum pernah terjadi ada orang yang menjadi seorang guru dikarenakan mendapat anugerah atau diberikan orang lain. Jika pun ada, tentunya si calon guru tersebut juga harus bersedia untuk mau atau tidak menerima jabatan menjadi seorang guru tersebut.

Menjadi seorang guru pun juga jangan asal menjadi guru. Ada banyak hal yang harus diketahui seorang guru agar disukai siswa. Karena jika siswa tidak menyukai guru tersebut otomatis juga tidak akan menyukai pelajaran yang diajarkan guru yang bersangkutan itu. So, jika anda seorang guru, wajib tahu guru yang bagaimana yang akan disukai atau disenangi siswa.

1. Mudah Senyum
Memang sudah pasti, siswa sangat suka kepada guru yang mudah berbagi senyum. Yang lebih membuat senang para siswa jika senyuman dari guru tersebut diselingi dengan sapaan. Bagi guru yang pelit senyum akan meninggalkan kesan sangar bagi siswa dan sudah pasti guru tersebut tidak akan disukai siswa, apalagi untuk menjadi guru favorit mereka. Satu pesan yang saya sampaikan kepada anda, jika anda seorang guru janganlah pelit senyum. Tetapi jangan juga umbar-umbar senyum jika tidak ada orang disekitar anda, karena anda bukan malah disukai melainkan dianggap error oleh siswa.

2. Sedikit Humoris
Dalam proses belajar mengajar, keseriusan memang harus diutamakan untuk mencapai tujuan dari pembelajarn tersebut. Namun, jika guru terlalu serius dalam menyampaikan materi belajar akan membuat siswa merasa bosan sehingga mengakibatkan tujuan dari belajar tersebut malah tidak bisa tercapai sama sekali. Selingilah dengan sedikit humor ringan ketika anda menyampaikan materi yang serius agar pembelajaran menjadi mengasyikkan dan siswa anda tetap merasa fresh. Humor tersebut bisa jadi dengan anda bercerita hal-hal lucu yang teman anda alami tetapi jangan menyebut nama, karena bisa menjadi aib.

3. Menguasai Materi
Ternyata dalam fakta lapangan dalam proses belajar mengajar, ada juga guru yang kurang atau memang tidak menguasai materi atau bahan ajar, secara jujur saya katakan, ketika saya SMA dulu sangat banyak guru seperti itu saya temukan. Guru yang kurang mengusai materi cenderung bolak balik buku sehingga belajar jadi monoton dan bosan. Bagaimana penilaian siswa terhadap guru yang sedemikian? Jawabannya sudah pasti bahwa guru seperti itu mutlak tidak disukai siswa.
4. Memiliki Penampilan Menarik
Menjadi seorang guru ternyata bukan saja mudah senyum atau mengusai materi. Terlepas dari yang itu, seorang guru juga harus memiliki penampilan yang menarik. Penampilan menarik yang saya maksud bukan terbatas pada pakaian yang rapi dan bersih atau bagus saja, tetapi juga pada prilaku. Guru harus terlihat fresh dan semangat, tidak loyo atau terlihat lesu yang membuat siswa tidak suka sehingga tidak tertarik mengikuti pembelajaran.

5. Disiplin
Hal yang terkadang banyak dilupakan seorang guru adalah disiplin. Salah satu contoh disiplin disini yaitu seperti masuk kelas tepat waktu dan keluar tepat waktu. Jujur lagi nih, ketika saya SMA dulu ada guru yang datang terlambat pas keluar juga terlambat sehingga memakan jam pelajaran lain. Hal itu tidak patut dicintoh. Karena siswa sudah pasti tidak suka pada tipe-tipe guru yang sedemikian. So, jika anda memilih untuk menjadi guru jangan sekali-kali mengabaikan yang satu  ini. Bukan hanya disiplin waktu saja, tapi juga pada hal-hal lain seperti jika baru saja ulangan, membagikan lembar jawaban siswa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan salah satu disiplin kecil yang juga banyak diabaikan oleh kalangan guru.

Itulah beberapa cara agar guru disukai siswa. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang membuat guru agar disukai siswa, namun dengan mempraktekkan yang tadi saja dijamin bahwa anda akan menjadi sosok guru yang disukai siswa bahkan anda juga bisa menjadi guru favorit. Agar bisa menjadi guru yang disukai siswa anda juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar yang terkait dengan itu. Terima kasih telah membaca, jika anda ingin teman-teman anda atau orang lain mendapat manfaat dari artikel ini silahkan share dengan mengklik tombol yang disediakan.

Baca Juga : Meningkatkan Semangat Belajar Siswa
                    6 Macam Metode Pembelajaran

0 Response to "Ingin Menjadi Guru Yang Disukai Siswa? Lakukan 5 Hal ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel