Inovasi, Kunci Sukses Kebab Turki Baba Rafi
Rasanya tidak berlebihan jika menyebut bisnis makanan cepat saji Kebab Turki Baba Rafi adalah salah satu bisnis yang paling hot saat ini. betapa tidak, bisnis yang didirikan oleh Hendy Setiono pada awal tahun 2003, saat ini telah berkembang pesat dengan cara franchise, mencapai lebih dari 400 outlet di seluruh wilayah Indonesia, bahkan dalam waktu dekat akan membuka cabang di Negara jiran Malaysia.
Menurut Hendy, bisnis ini dipilih karena pada saat itu belum banyak orang yang melirik produk makanan bercita rasa Timur Tengah, sehingga Hendy menangkapnya sebagai peluang. Lebih lanjut, keunggulan produk Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) terletak di bidang rasa, penampilan, dan pelayanan.
Dari segi rasa, KTBR memiliki rasa yang unik dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, tanpa menghilangkan cita rasa khas Timur Tengah. Dari segi penampilan, desain packing, outlet, maupun seragam operatornya terlihat sangat inovatif dan menarik karena menggunakan perpaduan warna yang mencolok. Terakhir, dari segi pelayanan, KTBR mengutamakan keramahan dan kenyamanan untuk customer.
Kiat sukses dalam menjalankan bisnis ini, menurut Hendy adalah jangan ragu untuk memulai usaha saat ini juga; selalu optimis, inovatif, dan open minded terhadap segala perubahan; dan selalu menanamkan sugesti “saya akan sukses dan berhasil” pada diri sendiri.
Berikut Analisis BEP (Break Even Point)
Total Investasi Awal
|
Rp. 55.000.000
|
Total Biaya Operasional per bulan
Biaya Tetap : Biaya penyusutan (2% x omzet 30 hari) 2% x Rp. 14.100.000
|
Rp. 282.000
|
Pembayaran royalty 5%
|
Rp. 705.000
|
Total Biaya Keseluruhan
|
Rp. 987.000
|
Biaya variable
Bahan baku (30 hari)
|
Rp. 7.050.000
|
Komisi dan gaji pegawai
|
Rp. 1.410.000
|
Sewa tempat dan operasional
|
Rp. 1.128.000
|
Total biaya variabel
|
Rp. 9.588.000
|
Total biaya operasional per bulan
|
Rp. 10.575.000
|
Pendapatan per bulan
Perkiraan per bulan
|
Rp. 14.100.000
|
Total biaya operasional per bulan
|
Rp. 10.575.000
|
Laba per bulan
|
Rp. 3.525.000
|
Pay Back Period (BEP)
= (Investasi Awal : Laba per bulan) x 1 bulan
= (Rp.55.000.000 : Rp.3.525.000) x 1 bulan
= 15,6 bulan
0 Response to "Inovasi, Kunci Sukses Kebab Turki Baba Rafi"
Post a Comment