Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung

Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung


Halo, sobat pendaki!

Mendaki gunung memang merupakan hal yang sangat menyenangkan terlebih bagi kita yang hobi hiking. Memang, mendaki memiliki kesenangan dan kepuasan tersendiri yang tidak bisa dirasakan atau didapat pada aktivitas lain seperti berlibur ke pantai, ke taman dan lainnya. 

Mendaki gunung memiliki sensasi dan tantangan yang menakjubkan.

Selain dapat menikmati alam bebas, mendaki juga menjadi olahraga bagi kesehatan tubuh. Karena otomatis pada saat itu seluruh otot beraktivitas ekstra tentunya. Sobat perlu tau lho, ternyata juga banyak hal-hal unik yang bakal kita temui pada saat mendaki, tentunya ketika sampai di puncak. Biasanya jika pendakian gunung merapi, terdapat taman bunga Edelweis di puncak tersebut. Bunga yang disebut bunga abadi karena tak pernah layu. Atau danau-danau tersembunyi nan elok yang tersimpan dibalik lebatnya hutan. Menjadi spot yang indah untuk diabadikan.

Tertarik untuk mendaki? Siapkan dulu perlengkapan yang harus dibawa. Apa saja perlengkapan yang harus dibawa? Berikut ulasannya versi Wahana Belajar.

1. Ransel Khusus Mendaki (Carrier)
Ransel ini berbeda dengan ransel biasa. Ukurannya lebih panjang. Nah, kegunaannya untuk memasukkan barang-barang bawaan, seperti bekal makanan selama pendakian, selimut, senter, dan sebagainya termasuk pakaian pribadi.

2. Tenda
Berada di ketinggian gunung tentunya akan berhadapan dengan suhu yang dingin, angin yang kencang dan tidak mustahil juga turun hujan. Nah, tenda tentunya berguna untuk berteduh, beristirahat atau tidur. Jika Anda bepergian sendiri, cukup menggunakan tenda kecil saja. Atau perbanyak tenda ketika bepergian dengan jumlah kelompok yang banyak.

3. Kompor
Pendaki zaman now tidak sama seperti zaman dulu. Dulu Cuma bermodal korek api untuk membakar kayu. Nah, sekarang sudah ada kompor gas portable yang bisa dibawa kemana-mana. Ini penting untuk aktivitas memasak, atau memanaskan air agar bisa ngopi sambil menikmati keindahan pemandangan negeri di atas awan.

4. Air Minum
Dalam pendakian menuju puncak, tubuh akan menguras tenaga secara ekstra. So pasti lelah. Jadi istirahatlah sebentar dan meneguk sedikit air minum. Setelah itu silahkan lanjutkan lagi pendakian.

Nah. Itulah beberapa persiapan penting yang harus dipersiapkan sebelum mendaki. Sebenarnya banyak lagi peralatan penting lainnya seperti tisu, pisau, tali dan sebagainya yang memang dibutuhkan.

0 Response to "Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel